LOGO
Metta Media Metta News Amankan Stok Darah, PMI Buka Donor Darah di Loji Gandrung

Amankan Stok Darah, PMI Buka Donor Darah di Loji Gandrung

Monday, 11 May 2020 - 17:00


SOLO, METTA NEWS - Mendekati Idul Fitri, stok darah di PMI Surakarta mengalami penurunan meskipun masih dalam batas aman. Untuk mengembalikan posisi stok darah terutama untuk masa Idul Fitri nanti, PMI Surakarta membuka layanan donor darah di Rumah Dinas Walikota Surakarta,Loji Gandrung.


CEO PMI Surakarta Sumartono Hadinoto mengatakan stok darah PMI sempat pada posisi 2600 kantong meskipun sejak pandemic virus Covid – 19 dan bulan Ramadhan kebutuhan darah juga menurun sekitar 300 kantong.


Sumartono menjelaskan biasanya setiap bulan ada sekitar 7000 pendonor di PMI Surakarta dengan rata-rata 300 pendonor perhari.


“Selama 10 hari ke depan, masyarakat bisa mendonorkan darahnya di Loji Gandrung”, terang Sumartono.


Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo juga menghimbau masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Meskipun dalam situasi KLB dan social distancing, donor darah dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebelum memasuki pendopo Loji Gandrung masyarakat melewati bilik disinfektan, wastafel cuci tangan, bermasker dan penataan kursi yang berjarak sehingga tidak terjadi kerumunan.


“Untuk petugas juga menggunakan APD lengkap, jadi masyarakat tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya. Monggo masyarakat sami donor darah dating Loji Gandrung”, tutup Walikota Rudy. 


Share:
IMG