LOGO
Metta Media Metta News Wujud Nyata GKI Kartasura Lawan Covid-19

Wujud Nyata GKI Kartasura Lawan Covid-19

Friday, 24 April 2020 - 13:35


SOLO, METTA NEWS - Sebagai salah satu organisasi sosial keagamaan yang kehadirannya tidak dapat dilepaskan  dari konteks lokal dan situasi khusus di mana ia berada, Gereja memiliki tanggung jawab untuk ikut serta berperan nyata mewujudkan kehidupan di sekitarnya menjadi lebih baik. Di tengah pandemic wabah Covid-19 ini GKI Kartasura melakukan aksi nyata, wujud nyata kesaksian Gereja untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan covid-19 adalah ikut bergerak menjaga kebersihan tempat-tempat umum yang masih sering disinggahi masyarakat.


Wujud nyata GKI Kartasura adalah dengan membuat Tempat Cuci Tangan Umum. Tempat cuci tangan dengan volume penampungan air 100 liter lengkap, ini dibagikan ke Pasar Kartasura, bunderan Kartasura, DPU Kartasura (Pasar Klithikan), Pasar Gampang, Pasar Kranggan dan Pasar Colomadu.  dan kampung Pucangan. Upaya GKI Kartasura ini mendapat sambutan yang positif dari warga masyarakat.


Pendeta GKI Kartasura, Pdt. Ayub Sektiyanto  menjelaskan pasar dipilih sebagai salah satu tempat umum yang masih sering disinggahi masyarakat adalah Pasar. Pasar memang tidak dapat ditutup. Pasar (tradisional) merupakan locus perjumpaan warga masyarakat dari berbagai daerah untuk melakukan transaksi jual beli kebutuhan pokok sehari-hari. Maka menjadi penting untuk Pasar dijaga kebersihannya.


“Melalui pembagian sarana cuci tangan untuk umum yang telah dilakukan ini, GKI Kartasura berharap agar kesadaran masyarakat Kartasura dan sekitarnya untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat dapat semakin digalakkan. Dengan demikian, rantai penularan dan penyebaran pandemi virus covid-19 dapat diputus”, tutur Pdt. Ayub.


Selain hal tersebut, kaum muda Gereja GKI Kartasura juga telah membuat dan membagikan hand sanitizer sebanyak 300 buah ke jemaat serta membagikan 300 masker ke jemaat. Hal ini dilakukan untuk mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat sebagaimana yang telah diinstruksikan oleh pemerintah.


Saat ini, GKI Kartasura juga sedang merancang pembuatan masker kain dan masker medis yang pada waktunya juga akan dibagikan ke warga masyarakat melalui pasar-pasar di sekitar Kartasura. GKI Kartasura menargetkan 1000 masker yang berupa masker kain dan masker standart medis. Masker ini akan dikerjakan secara sukarela oleh jemaat GKI Kartasura yang utamanya berprofesi sebagai penjahit atau yang memiliki keahlian menjahit. 

Share:
IMG