LOGO
Metta Media Metta News Indriati Orthopedic & Spine – Sport Injury Clinic

Indriati Orthopedic & Spine – Sport Injury Clinic

Wednesday, 18 March 2020 - 14:31


SOLO, METTA NEWS - Rumah Sakit Indriati Solo Baru membuka klinik baru, Orthopedic & Spine – Sport Injury Clinic yang bertempat di lantai 3. Klinik ini merupakan klinik terpadu dan terintegrasi yang melayani keluhan akibat cedera saat berolahraga.


Layanan di klinik ini meliputi pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah orthopedic yang berkompeten dalam penanganan cedera akibat olahraga, yang dilengkapi dengan peralatan penunjang diagnostik berupa MRI, X-Ray, dan USG.  Layanan unggulan lainnya dapat melakukan operasi minimal invansif untuk cedera olahraga (rekonstruksi Anterior Cruciate Ligamen / ACL dengan Arthroskopi).


Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi Konsultan dari RS Indriati Solo Baru Sukoharjo, dr. Ariyanto Bawono, SpOT (K), mengatakan penanganan cedera dengan teknik arthroskopi merupakan tindakan bedah ortopedic, baik untuk mendiagnosis maupun terapi sendi pada meniskus yang rusak. Meniskus adalah sebuah jaringan tulang rawan pada lutut yang berfungsi sebagai bantalan dan menstabilkan persendian lutut. Teknik arthroskopi ini merupakan metode pembedahan yang dilakukan dengan memasukkan alat kecil seperti pensil yang berisi lensa kamera dan alat operasi, yang terhubung ke layar monitor agar dokter bisa memantau dan melakukan tindakan melalui alat kecil tersebut. Dengan demikian, teknik ini tidak dilakukan dengan membedah sendi, melainkan dengan membuat sayatan kecil dan melakukan tindakan operasi melalui alat canggih ini.


“Kelebihan dari teknik arthroskopi ini yaitu pemulihan post operasi yang lebih cepat, bekas luka tersamarkan, dan risiko infeksi lebih kecil. Indriati Orthopedic & Spine – Sport Injury Clinic juga menyediakan layanan untuk menangani permasalahan seputar tulang belakang. Seperti yang kita ketahui, tulang belakang adalah struktur kompleks yang menjadi dasar mobilitas dan kekuatan tubuh.


Fungsi leher dan punggung yang sehat memungkinkan pergerakan lancar dan mudah. Tetapi, ketika ada kelainan bentuk, cedera, atau penyakit pada tulang belakang, kegiatan umum seperti memutar, menekuk, atau meregangkan tubuh seringkali menjadi sulit dan bahkan mungkin cenderung menimbulkan rasa sakit”, urai dr. Ariyanto.


Lebih dari 80% orang dewasa akan mengalami sakit punggung/sakit leher yang signifikan pada suatu waktu selama hidup. Indriati Orthopedic & Spine – Sport Injury Clinic memiliki tim dokter subspesialis spine (tulang belakang) yang siap menangani permasalahan tulang belakang. Layanan Indriati Orthopedic & Spine – Sport Injury Clinic dilengkapi juga dengan pelayanan rehabilitasi medik guna membantu proses penyembuhan dan pemulihan dari cedera olahraga. Tersedia dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi yang akan memeriksa dan membuat program terapi dan latihan, guna membantu pasien kembali ke aktivitas sehari-hari setelah pulih dari cedera. Ruang rehabilitasi medik ini dilengkapi juga dengan alat-alat terapi yang lengkap dan ruang gymnasium yang luas dan lengkap.


Pada opening “Indriati Orthopedic & Spine – Sport Injury Clinic” diselenggarakan pula seminar awam dengan tema ‘Ketahui Semua tentang Cedera Berolahraga’ yang diikuti oleh 200 orang peserta. Acara seminar ini dimulai sejak pukul 09.00, bertempat di Ruang Auditorium RS Indriati. Seminar menghadirkan empat orang narasumber yang berkompeten di bidangnya, diantaranya dr. Ariyanto Bawono,Sp.OT (K); dr. Rhyan D. Saputra, Sp.OT (K), M.Kes; dr. Amir Purnama Sidi,Sp.OT; dan dr. Christiana Hermawanti H,Sp.KFR.


“Kami berharap, dengan dibukanya klinik ini bisa memberikan pasien solusi medik terbaik dan berkelanjutan untuk mendukung dan meningkatkan performance para atlet dan pelaku olahraga untuk kembali ke aktivitasnya”, pungkas dr. Ariyanto. 

Share:
IMG