LOGO
Metta Media Metta News Rotary Club of Solo Raya Canangkan Kampoeng Buah di Kelurahan Karangasem

Rotary Club of Solo Raya Canangkan Kampoeng Buah di Kelurahan Karangasem

Tuesday, 24 August 2021 - 17:33

Foto : Humas Protokol Pemkot Solo



SOLO, Metta NEWS - Rotary Club of Solo Raya mencanangkan Kelurahan Karangasem Laweyan sebagai Kampoeng Buah di Solo pada Selasa (24/8). Pencanangan dilakukan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka didampingi oleh District Governor Rotary District 3420 Cindy Bachtiar, President Rotary Club of Solo Raya Rikawati, District Governor Nominee Romy Junardy, PP Haryadi dan PP Gareng S Haryanto. 


Pada pencanangan tersebut diserahkan sebanyak 4000 bibit tanaman buah dari BPDASHL Solo serta 76 pohon dari PP Haryadi dan 17+8 dari PP Gareng. Arti jumlah tanaman tersebut adalah merayakan HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus yang ke 76. 


District Governor Rotary District 3420 Cindy Bachtiar dalam sambutannya menjelaskan program penghijauan Rotary Club of Solo Raya untuk menghijaukan kota Solo demi generasi mendatang. 


Rotary district 3420 wilayah indonesia timur memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk mendukung program lingkungan hidup sehingga distrik membentuk Komite Lingkungan Hidup dan mempunyai koordinator di setiap wilayah distrik 3420 meliputi Jateng, Jatim, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, Papua. Ini semua demi anak cucu kita,” papar Cindy. 


Cindy menambahkan dengan penyerahan bibit ini salah satu upaya nyata penyelamatan bumi.Selain itu diharapkan masyarakat akan mempunyai budaya sehat makan dan bisa menjadi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat Karangasem. 


Presiden Rotary Club of Solo Raya Rikawati yang juga sebagai Koordinator Tim Komite Lingkungan Hidup di area Solo menambahkan bibit yang diberikan antara lain jambu mete, nangka, sawo, sirsat, jambu merah dan tanaman buah lainnya. 


“Kita berharap selain untuk penghijauan, buah bisa dimanfaatkan oleh warga sendiri, dengan dikonsumsi atau bisa menambah nilai ekonomis di jadikan keripik, manisan, dodol dan ekonomi kreatif lainnya. Sebenarnya kita harapkan kedepannya mempunyai nilai ekonomis namun tidak meninggalkan penghijauan,” terang Rikawati. 


Sementara itu, Wali Kota Gibran sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan dan pemberian tanaman buah untuk kelurahan Karangasem. 


Ini luar biasa dan di Karangasem juga ada Kelompok Tani. Harapannya Solo yang lahannya terbatas tapi tetap bisa produktif untuk tanaman buah-buahan,” kata Wali Kota Gibran. Puspita


Share:

Most Popular News

IMG