LOGO
Metta Media Metta News Usai Ajak Masyarakat, PMI Solo Ajak Ratusan ASN Gemar Cuci Tangan

Usai Ajak Masyarakat, PMI Solo Ajak Ratusan ASN Gemar Cuci Tangan

Tuesday, 10 March 2020 - 17:03


SOLO, METTA NEWS - Palang Merah Indonesia Kota Surakarta atau PMI Surakarta kembali melakukan tindakan pencegah penyebaran berbagai macam virus melalui langkah menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan secara benar bersama Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Surakarta, Dr. H. Achmad Purnomo, S.Farm., Apt. di depan ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam apel pagi di Balaikota Surakarta (09/03).


Sebelumnya pada hari Minggu di Car Free Day,  PMI Surakarta melakukan kegiatan yang sama dengan mengajak ratusan masyarakat.


Sumartono Hadinoto, CEO dan Sekertaris PMI Kota Surakarta menjelaskan bahwa kegiatan ajakan kepada masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan cuci tangan yang melibatkan ratusan masyarakat pengunjung CFD kemarin direspon baik oleh Walikota.


Sebagai tindak lanjutnya Walikota menginginkan kegiatan yang sama dilakukan didepan ratusan ASN dilingkungan Balaikota Surakarta.


Satu unit truk tangki air, ratusan cup minuman jahe dan temulawak juga disediakan bagi seluruh peserta selain itu PMI Surakarta turut mensiagakan ambulans dan mengajak staf, puluhan mahasiswa AKBARA dan relawan.


Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyampaikan bahwa gerakan cuci tangan dengan sabun, sekarang jadi kegiatan wajib di tengah ramainya virus Covid-19. Bahkan serentak media massa dan media sosial kembali mengangkat cara cuci tangan yang baik dan benar.


“Soalnya cuci tangan jadi langkah utama yang direkomendasikan ahli kesehatan dan dokter, bahkan ada seruan khusus dari Badan Kesehatan Dunia/WHO yang menyatakan bahwa kedua tangan kita merupakan jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Itu sebabnya, selain menjalankan gaya hidup sehat, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun akan mengurangi dan mencegah timbulnya penyakit,” jelas Walikota.


Setiap hari Minggu, Walikota Rudy, meminta kepada Damkar dan Dinas Kesehatan Surakarta untuk melakukan sosialisasi di masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan kembali menggaungkan gerakan cuci tangan yang benar.


Rudy juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu cemas dan resah, tidak perlu memborong masker, tidak perlu memborong makanan, yang terpenting jaga rawat keluarga masing-masing agar menciptakan pola hidup bersih dan sehat di keluarga.

Share:
IMG