LOGO
Metta Media Metta News Dengan Qris Percepat Keuangan Inklusif, Dorong Efisiensi Perekonomian

Dengan Qris Percepat Keuangan Inklusif, Dorong Efisiensi Perekonomian

Thursday, 05 March 2020 - 17:18

SOLO, METTA NEWS - Dalam rangka meningkatkan awareness dan usage masyarakat terhadap QRIS, Bank Indonesia akan mengadakan Pekan QRIS Nasional (PQN), gerakan kampanye QRIS nasional, yang serentak dilakukan di 46 wilayah kerja Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPw DN) Bank Indonesia, dari Tanggal 9-15 Maret 2020. Puncak PQN di Solo diadakan pada Tanggal 15 Maret 2020 di Solo Square dengan tema “Meet The QRIS” dan tagline “Yuk, Nganggo QRIS!”. Puncak PQN berupa rangkaian kegiatan kampanye QRIS yang diselingi quiz dan hiburan menarik serta pengumuman pemenang lomba QRIS Challenge dan Duta Rupiah dan QRIS 2020. Selain itu, Puncak PQN juga dilengkapi dengan Bazar UMKM yang sudah menggunakan QRIS dan booth PJSP.


PQN melibatkan Pemerintah Daerah, Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), merchants, perbankan, akademisi, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Solo, stakeholder setempat, dan masyarakat umum. PQN pada minggu pertama diawali dengan kampanye melalui berbagai media, baik cetak, elektronik, maupun sosial. Selanjutnya, PQN pada minggu kedua dilanjutkan dengan sosialisasi QRIS kepada merchant di berbagai lokasi, seperti pasar tradisional, kantin, dan universitas. Berbagai perlombaan QRIS challenge juga diselenggarakan melalui media sosial, antara lain dalam kegiatan Seminar Internasional Fintech and The Future of Fintech dan Cashless Fair di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) pada tanggal 12 Maret 2020.


Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bambang Pramono menjelaskan QRIS merupakan standar QR Code untuk kanal transaksi pembayaran yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. QRIS yang mengusung semangat UNGGUL (UNiversal, GampanG, Untung, dan Langsung), bertujuan untuk mendorong efisiensi perekonomian, mempercepat inklusi keuangan, dan memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia Maju.


QRIS mampu meningkatkan layanan merchant dengan menyediakan kanal pembayaran non tunai yang lebih inklusif. “Cukup satu QR Code, untuk semua aplikasi pembayaran. Dengan QRIS, merchant  juga lebih aman dan praktis. Merchant tidak perlu lagi menyediakan uang kembalian dengan berbagai pecahan di toko dan pembayaran dari konsumen dapat langsung masuk ke rekening merchant di perbankan. Selain itu, merchant juga mempunyai data penjualan yang tercatat rapi dalam aplikasi,” terang Bambang.


Penggunaan QRIS juga memberi manfaat kepada berbagai pihak lainnya. Tidak hanya oleh merchant, rasa aman dan praktis juga dirasakan oleh konsumen. Konsumen cukup membawa handphone-nya saja dan tidak perlu membawa uang tunai dengan berbagai pecahan untuk melakukan transaksi. 

Share:
IMG