LOGO
Metta Media Metta News KTP Non Solo Bisa Vaksin Di RSUP Dan RSO

KTP Non Solo Bisa Vaksin Di RSUP Dan RSO

Friday, 02 July 2021 - 12:50


SOLO, Metta NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dalam surat edaran nomor HK.02.02/1/1669/2021 yang terbit 24 Juni lalu melakukan percepatan vaksinasi melalui kegiatan pos pelayanan vaksinasi dan optimalisasi UPT Vertikal Kementerian Kesehatan. 


Artinya setiap rumah sakit milik Kemenkes wajib melakukan percepatan vaksinasi menyasar setiap warga masyarakat tanpa syarat domisili. Untuk Kota Solo, tiga fasilitas kesehatan melayani vaksinasi non domisili yakni RSUP (Rumah Sakit Umum Pusat eks RS Paru Jajar), RSOP (Rumah Sakit Ortopedi) dan Poltekkes Mojosongo Solo.


"Beberapa waktu lalu kami dapat surat edaran bahwa RS milik Kementrian Kesehatan diberi tugas tambahan untuk percepatan vaksinasi. Vaksinnya langsung dari Kemenkes", ungkap Direktur  Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Solo, Jamilatun Rosidah saat diwanwancarai, Kamis (1/7).


Jamilatun menjelaskan rumah sakit milik Kementerian Kesehatan tidak mensyaratkan KTP domisili dan untuk RSUP telah melakukan layanan vaksinansi tanpa syarat domisili sejak, Selasa (29/6) kemarin. 


"Kita Mendapatkan 100 file atau 1100 dosis dari Kemenkes melalui Dinas Kesehatan Provinsi. Setiap hari kouta untuk vaksin ini hanya 100, namun pada Selasa dan Rabu kita coba melayani 150 orang karena antusiasnya banyak", terangnya. 


Jamilatun mengatakan, saat baru membuka pendaftaran, jumlah kouta yang disediakan lansung habis dalam waktu kurang dari satu jam. Selain itu, RSUP juga masih melayani vaksinasi khusus warga KTP Solo. 


"Kemarin baru kita buka untuk 600 orang, perhari dari Selasa sampai Jumat ada 150 orang. Rencananya pekan depan kita buka lagi sambil mengevaluasi pelaksanaannya apakah krodit atau tidak. Pasalnya kami juga harus melayani sasaran yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Kota”, terangnya. 


Sementara itu RS. Orthopedi Dr. R. Soeharso (RSO) Surakarta, baru akan melakukan layanan vaksinasi tanpa syarat pada, 7, 8 dan 9 Juli 2021 mendatang. Kasubag Hukum, Organisasi, Humas RSO Paryanto menuturkan, pihaknya mendapat vaksin 1500 dosis.

"Rencananya per hari kita lakukan vaksinasi pada 500 orang. Kita konsen 1 program ini dari Kemenkes, pelayanan mulai pukul 07.00, pendaftar sudah diatur jam kedatangannya", pungkasnya.


Sebagai informasi, masyarkat bisa memantau informasi terbaru terkait proses pendaftaran vaksinasi ini melalui media sosial Instagram masing-masing rumah sakit. (*rom)

Share:
IMG