LOGO
Metta Media Metta News Organisasi Sosial Bantu Akselerasi Vaksin, Targetkan Vaksinasi 10 Ribu Warga Solo 

Organisasi Sosial Bantu Akselerasi Vaksin, Targetkan Vaksinasi 10 Ribu Warga Solo 

Thursday, 01 July 2021 - 16:17



SOLO, Metta NEWS - Beberapa organisasi sosial yakni Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum (Yakkum), PMI dan Rotary dengan didukung Pemerintah Kota Surakarta dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota mengadakan akselerasi vaksin secara massal dengan target 10 ribu orang. 


Akselerasi vaksin akan diadakan mulai tanggal 12 Juli hingga 8 September 2021 di Solo Paragon Lifestyle Mall. Dalam paparan pada media, Kamis (01/07) di Upper Ground Solo Paragon Mall, dihadiri oleh Sekretaris Umum PMS Idayanti Santoso, Direktur Direktorat Pelayanan Kesehatan Yakkum dr. Daniel Budi Wibowo, M.Kes, Kepala DKK dr. Siti Wahyuningsih, Pengurus Yakkum Pdt. Simon Yulianto S.Th.M.Si, Ketua Panitia Pelaksana Akselerasi Vaksin dr. Julita Ruli Titisari, MPH, Perwakilan Rotary Club Solo Area Ray Febri H Dipokusumo dan Chief Marcomm Solo Paragon Mall Veronica Lahji. 


Ketua Panitia Pelaksana Akselerasi Vaksin dr. Julita Ruli Titisari, MPH memaparkan akselerasi vaksin ini sebagai salah satu usaha membantu perjuangan Pemerintah Kota Surakarta dalam mengatasi pandemi Covid-19. 


“Targetnya adalah 10 ribu sasaran sehingga dosisnya 20 ribu. Sehari 400 ribu orang, Senin-Sabtu mulai jam 09.00-15.00 dan libur untuk tanggal merah. Khusus untuk tanggal 17 Agustus walaupun tanggal merah kita tetap melayani sesuai dengan semangat perjuangan”, papar dr. Julita. 


Dokter Yulita menegaskan, untuk antrian vaksinasi diatur dengan rinci, agar tidak menimbulkan kerumunan, protokol kesehatan juga diterapkan dengan ketat. 


“Supaya tidak terjadi kerumunan kami sudah atur pemecahan antrian. Dari pintu masuk sudah ada screening KTP khusus Solo, cek thermogun, hand sanitizer, masuk ke ruang tunggu, lanjut pemeriksaan tensi kami siapkan 6 meja, screening dengan dokter, penyuntikan dengan 6 meja terakhir pencatatan dan observasi”, urai dr. Julita menerangkan alur vaksinasi. 


Direktur Direktorat Pelayanan Kesehatan Yakkum dr. Daniel Budi Wibowo, M.Kes menambahkan akselerasi vaksin ini sebagai upaya membantu Pemerintah agar pandemi bisa lebih cepat diatasi. 


“Tugas kita semua membantu pemerintah agar pandemi bisa teratasi semakin cepat dan lebih ringan. Tugas utama Yakkum melayani di bidang kesehatan dengan akselerasi vaksin ini ingin mendarmabaktikan tugas kami membantu pemkot agar akselerasi vaksin segera terwujud. Apalagi saat ini pandemi ternyata belum mereda bahkan tambah menghebat”, papar dr. Daniel. 


Sementara itu Kepala DKK Surakarta Siti Wahyuningsih menegaskan Solo dalam kondisi bahaya Covid. Lewat akselerasi vaksin ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian target vaksin dan membentuk kekebalan komunitas. 


“Kita dalam kondisi tidak baik-baik saja, semua orang panik, bahkan berebut tabung oksigen. Kasus covid memang meningkat tajam dan harus segera ditangani salah satunya dengan vaksinasi”, tandas Ning. 


Mewakili Pemkot Surakarta Ning menyampaikan terima kasih pada tim akselerasi vaksin yang ikut berkontribusi pada percepatan vaksinasi di Surakarta. 


“Tujuan kita adalah menimbulkan kekebalan komunitas di Surakarta. Dengan kekebalan komunitas bisa berjalan dengn baik mudah-mudahan ekonomi di Solo segera bangkit dan kehidupan segera normal kembali dan Solo bisa membantu daerah lain”, tutup Ning. (*ita)

Share:

Most Popular News

IMG