LOGO
Metta Media Metta News Festival Rebana 2020 Kumandangkan Shalawat di Mall

Festival Rebana 2020 Kumandangkan Shalawat di Mall

Monday, 17 February 2020 - 16:22


 

SOLO, METTA NEWS - Untuk ketiga kalinya, Festival Rebana Piala Walikota  yang diadakan oleh Yayasan Pendidikan Daarul Hidayah dan Metta Media, kembali digelar. Sebanyak 18 grup Rebana dari Jawa Tengah dan DIY unjuk kebolehan untuk meraih gelar peserta terbaik dan mendapatkan Piala Walikota Surakarta 2020. Tahun ini Solo Grand Mall menjadi tempat penyelenggaraan event yang selalu dinanti ini.

Pada pembukaan yang dihadiri oleh Wakil Walikota Surakarta H. Ahmad Purnomo dan beberapa tokoh masyarakat ini ditandai dengan Wakil Walikota H. Ahmad Purnomo memainkan rebana bersama Abuya Kyai Haji Soni Parsono selaku Pengasuh Yayasan  Daarul Hidayah,  Sumartono Hadinoto selaku Komisaris Metta Media, Hesti Widjanarko selaku CEO Metta Media, Ketua KADIN Surakarta Gareng S Haryanto dan General Manager SGM Bambang Sunarso.

Komisaris Metta Media Sumartono Hadinoto dalam sambutannya menjelaskan, Festival Rebana menjadi sarana syiar agama dengan cara edukatif yang menghibur. Sumartono mengatakan beberapa penyelenggaraan Festival Rebana sengaja diadakan di tempat public untuk lebih membawa syiar agama ini langsung kepada masyarakat.

Pengasuh Yayasan Daarul Hidayah, Abuya Kyai Haji Soni Parsono menambahkan salah satu ibadah, salah satu amalan yang bisa ditampilkan leluasa adalah shalawat.

“Shalawat ini dahsyat, aturannya longgar sekali. Kalau anda baca Quran ada aturan khusus, wirid dan dzikir aturannya khusus. Tapi kalau shalawat ini subhanallah, mau dilagukan model apa yang penting tidak ke arah maksiat hukumnya boleh. Jadi longgar sekali. Qasidah-qasidah, shalawat ini, subhanallah membawa dan menunjukkan Islam benar-benar rahmatal lil’alamin”, urai Abuya Soni.

Abuya Soni mengungkapkan, Daarul Hidayah bekerja sama dengan banyak pihak terutama Metta FM membawa shalawat ini di dalam mall, bergiliran di semua mall di Soloraya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Walikota H Ahmad Purnomo yang melihat proses modernisasi saat ini telah mengakibatkan erosi terhadap nilai-nilai perjuangan dan nilai-nilai luhur bangsa. Purnomo melihat dan merasakan sendiri bagaimana sedikit demi sedikit, kebudayaan yang adiluhung mulai terkikis dan bergeser dengan kebudayaan barat. Purnomo menilai apresiasi generasi muda terhadap seni budaya bangsa cenderung menurun. Banyak remaja dan anak-anak kita saat ini tidak mengenal kebudayaan kita sendiri. Sementara orang asing datang ke negara kita hanya ingin menikmati keindahan budaya bangsa Indonesia.  “Termasuk seni budaya bangsa kita adalah seni rebana, yang merupakan salah satu seni untuk pengembangan agama Islam yang digunakan para Wali penyebar agama Islam di Indonesia sebagai media dakwahnya. Untuk itu, atas nama pemerintah kota Surakarta, saya menyambut positif atas terselenggaranya kegiatan festival rebana piala Wali Kota oleh radio Metta FM dengan bekerja sama dengan Daarul Hidayah”, terang Purnomo.

 

Kegiatan yang diikuti oleh kelompok rebana dari berbagai daerah ini, diharapkan dapat digunakan sebagai ajang penanaman nilai-nilai luhur yaitu semangat persatuan dan kesatuan di kalangan generasi muda, juga merupakan kegiatan positif sebagai wahana mengembangkan kreativitas, meningkatkan apresiasi generasi muda terhadap seni budaya rebana di tanah air. “Semoga event ini memberikan warna tersendiri bagi pengembangan seni rebana di kota Surakarta sekaligus wahana untuk menanamkan nilai-nilai luhur budaya dan kepribadian bangsa Indonesia”, pungkas Purnomo.

 

Pemenang Festival Rebana Piala Walikota 2020

Juara 1 : Syifaul Qolbi

Juara 2 : Jalla Syifa Putri

Juara 3 : Al Manshur

Juara Favorit : Raudhatul Muhibbin

Share:
IMG