LOGO
Metta Media Metta News Opera Kolosal, Festival Jenang dan Kirab Budaya Puncak HUT SOLO 275

Opera Kolosal, Festival Jenang dan Kirab Budaya Puncak HUT SOLO 275

Wednesday, 12 February 2020 - 17:15



SOLO, METTA NEWS - Tahun ini Kota Solo memasuki usia ke 275th. Berbagai acara budaya yang identic dengan Solo sebagai kota budaya akan memeriahkan rangkaian HUT Solo ke-275 ini. Untuk mengingat kembali perjalanan sejarah masa lalu sejak peristiwa perpindahan Kraton Kartasura menuju Desa Sala yang terkenal dengan Boyong Kedhaton hingga berdiri Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, masyarakat Solo akan disuguhi dengan Opera Kolosal Boyong Kedhaton”Adeging Kutha Sala 2020”, pada hari Sabtu (22/2) pukul 19.00 di Halaman Balaikota Surakarta.


Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta Kinkin Sultanul Hakim mengungkapkan sebelum event kolosal ini akan digelar Kirab Boyong Kedhaton dengan rute start dari Jl. Slamet Riyadi (depan gedung Bakorwil, Gladag) berjalan menuju halaman Balaikota Surakarta melalui jalan Jenderal Sudirman.

“Dengan garapan event kolosal semacam ini diharapkan masyarakat Surakarta yang menonton semakin paham tentang sejarah kota-nya dan semakin cinta, lebih peduli pada Kota Solo”, jelas Kinkin.


Adeging Kutha Sala 2020 melibatkan ratusan orang terdiri dari 106 seniman tari, 30 seniman music, belasan grup pendukung dan tokoh pendukung dengan durasi 120 menit.


Selain Opera Kolosal, pada peringatan HUT Solo 275 ini juga diadakan Festival Jenang pada tanggal 17 Februari 2020.


Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan mengatakan akan ada 17 macam jenang atau bubur yang dikirab pada kegiatan tersebut. 17 macam jenang ini merupakan jenang-jenang tradisional simbol berbagai upacara adat masyarakat Solo seperti  Jenang Procotan (upacara mitoni atau 7 bulanan wanita hamil), Jenang Abang Putih (upacara ganti nama), Jenang Juruh, Jenang Lemu dan jenang – jenang legendaris lainnya.  Festival Jenang tahun ini akan ada 3000 porsi jenang yang bisa dinikmati masyarakat kota Solo secara gratis. 

Share:
IMG