LOGO
Metta Media Metta News Toleransi Sudah Menjadi Kebiasaan Umat Muslim & Kristiani Kratonan

Toleransi Sudah Menjadi Kebiasaan Umat Muslim & Kristiani Kratonan

Wednesday, 12 May 2021 - 17:34


SOLO, Metta NEWS – Pada hari yang sama yakni, Kamis (13/5) Masjid Al Hikmah dan GKJ Joyodiningratan, Kratonan, Serengan akan menggelar perayaan ibadah masing-masing. Perayaan ibadah tersebut adalah Salat Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih.


“Kita sudah terbiasa dengan perayaan seperti ini, jemaah Muslim dan Kristen masing-masing sudah paham dan tahu cara untuk menempatkan diri”, terang Takmir Masjid Al Hikmah Muhammad Nasir.


Nasir mengatakan, bersamaannya pelaksanaan ibadah sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Pada esok hari, umat Muslim akan melakukan Salat Idul Fitri terlebih dahulu, baru kemudian umat Kristiani akan melaksanakan ibadahnya pada pukul 08.00 WIB. 


“Perayaan hari besar selalu koordinasi, kalau untuk yang ini tidak kecuali jika Natal dan ibadah hari Minggu. Ini sudah biasa dan semuanya sudah paham, tidak ada kendala”, terang Nasir.


Nasir menjelaskan, toleransi sudah ada sejak zaman kemerdekaan dan terus berlanjut hingga hari ini. Saling menghormati dan saling menjaga betul-betul diterapkan dan ini harus menjadi contoh bagi genarasi sekarang.


Yang berdiri pertama adalah gereja dulu baru pada tahun 1947 umat muslim ingin mendirikan masjid dijinkan oleh pak pendeta. Dari situ sudah terlihat toleransinya”, papar Nasir.


Sementara itu Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Kapus Dalops) AKP Galiatno menuturkan, jika pihaknya telah melakukan sterialisasi pengamanan di gereja tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh tim Gegana itu disaksikan pula oleh pengurus dan petugas keamanan.


“Kegiatan ibadah tetap dijaga. 1x24 jam petugas dari POLRI dan securiti setempat melaksanakan kegiatan ada di tempat. Dan jemaat yang mau masuk juga dibatasi dan mematuhi protokol kesehatan. Personil di gereja melibatkan 4 personil pada saat kegiatan”, pungkasnya. (*rom)

Share:
IMG