LOGO
Metta Media Metta News Telukan Sukoharjo Deklarasikan Desa Damai

Telukan Sukoharjo Deklarasikan Desa Damai

Tuesday, 04 May 2021 - 15:07


SOLO, Metta NEWS – Bekerja sama dengan  Wahid Foundation, Desa Telukan Grogol Sukoharjo mendeklarasikan sebagai Desa Damai ‘Telukan Mamayu Hayuning Bawono’. Deklarasi Desa Damai Telukan ini diadakan di Arak-arakan Tejomoyo RW. 13 Telukan Grogol Sukoharjo, Senin (3/5). 


Diresmikan oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani ‘Desa Damai’ adalah program Wahid Foundation yang memilih beberapa desa di seluruh Indonesia untuk dijadikan percontohan. Tujuan utamanya adalah membentuk hubungan masyarakat yang lebih guyub dengan memberikan training pada anak muda utamanya perempuan.

 

Direktur Wahid Foundation yang juga putri dari Presiden RI ke - 4 Yenny Wahid mengatakan, sudah ada beberapa desa yang di Indonesia yang sudah mendeklarasikan diri sebagai Desa Damai, diantaranya desa di Provinsi Jawa Timur, Madura, Malang dan Jawa Barat.


Menurutnya selama ini masyarakat kerap salah paham dengan menganggap jika agama adalah pemicu utama tindak radikalisme dan ekstrimisme. Yenny menjelaskan, agama adalah faktor terakhir pemicu tindakan tersebut. 


“Yang paling penting untuk menanggulangi radikalisme dan ekstrimisme adalah dengan mengurangi rasa gelisah di masyarakat, terutama masyarakat yang terus merasa kurang percaya diri”, terang Yenny.


Yenny memaparkan, mereka yang merasa kurang percaya diri menjadi sasaran dari orang-orang yang ingin membuat gaduh dengan tindakan ekstrimisme. Umumnya di Indonesia mereka menggunakan doktrin agama dan politik memprovokasi. 


“Bagi kita masyarakat harus bisa lebih memperhatikan dirinya sendiri agar tidak mudah terprovokasi. Jangan mudah untuk di kooptasi pikirannya, dan itu semua tidak bisa dilakukan sendiri tetapi harus juga difasilitasi”, terang Yenny.


Bupati Sukoharjo Etik Suryani berharap dengan adanya Desa Damai masyarakat akan lebih rukun dari segi apapun. Meskipun ada banyak perbedaan latar belakang, jika masyarakat saling menghormati keadaan akan baik-baik saja. (*rom)

Share:
IMG