LOGO
Metta Media Metta News Tahun Ini, Solo Bersama Selamanya Bagikan 8500 Sembako Dengan Sistem Door To Door

Tahun Ini, Solo Bersama Selamanya Bagikan 8500 Sembako Dengan Sistem Door To Door

Monday, 03 May 2021 - 14:41


SOLO, Metta NEWS - Solo Bersama Selamanya (SBS)  kembali melanjutkan agenda sosial tahunan membagikan ribuan sembako bagi masyarakat yang kurang beruntung setiap menjelang Lebaran. Setelah sempat vakum pada tahun 2020 akibat pandemi, tahun 2021 ini Panitia SBS kembali membagikan sembako namun dengan teknis pembagian yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 


Koordinator SBS 2021 Sumartono Hadinoto mengatakan pada awalnya Panitia SBS merasa ada sedikit kekhawatiran dalam arti mempertimbangkan beberapa hal. Yang pertama adalah situasi pandemi yang belum membaik dan teknis pembagian yang aman. 


“Situasi pandemi ini tentunya untuk mencari donatur paket sembako juga agak kurang nyaman karena hampir semua pengusaha terdampak. Disamping itu kami juga harus mengemas teknis pembagian dengan mengikuti protokol kesehatan. Panitia SBS juga mempunyai niat untuk ikut membantu dan memberi kesempatan UMKM di Solo”, papar Sumartono. 


Sumartono mengungkapkan untuk tahun ini jumlah paket sembako berkurang dari tahun sebelumnya. Namun dari target 6000 paket sembako hingga hari ini target terlewati dan berhasil menghimpun 8500 paket sembako. 


“Untuk tahun ini kami kurangi separo dari biasanya untuk menjaga juga untuk meminta dari donatur kami juga kurang nyaman. Selain itu untuk membantu pelaku UMKM yang sampai hari ini belum bisa bergerak dalam paket sembako ini komponen isinya ada yang produk UMKM, jadi kami memesan 8500 dari beberapa UMKM agar mereka juga bisa berproduksi dan mendapatkan kesempatan”, tutur Sumartono. 


Teknik pembagian paket sembako SBS ini bekerja sama dengan Pemkot dan berkoordinasi dengan Kecamatan dan kelurahan sehingga nanti dari panitia langsung yang memberikan kepada warga agar tidak terjadi kerumunan seperti sebelumnya yang dibagikan di Lapangan Kota Barat. 


“Secara simbolis Panitia SBS akan menyerahkan kepada Wali Kota di Rumah Dinas Loji Gandrung pada tanggal 6 Mei 2021 yang akan diberikan kepada 5 Camat. Pembagian langsung ke warga melalui Kelurahan pada tanggal 8-9 Mei 2021”, terang Sumartono. 


Gareng S Haryanto yang juga sebagai salah satu koordinator SBS 2021 menambahkan tahun 2020 SBS tidak membagikan paket sembako pada masyarakat karena pandemi sedang gawat-gawatnya. 


“Terakhir pembagian adalah tahun 2019 sebanyak 12 ribu paket sembako, tahun 2020 karena pandemi sedang gawat-gawatnya sampai tidak bisa mikir apa-apa. Tahun ini paket sembako berkurang dan kami juga memahami karena pandemi. Teknisnya juga beda, Panitia yang ke kecamatan masing-masing, jangan sampai ada kerumunan dan ada klaster baru”, pungkas Gareng. 

 

Share:
IMG