LOGO
Metta Media Metta News Selain Techno Park, Pemkot Solo Siapkan Satu Hotel Untuk Karantina Pemudik

Selain Techno Park, Pemkot Solo Siapkan Satu Hotel Untuk Karantina Pemudik

Friday, 30 April 2021 - 16:41


SOLO, Metta NEWS – Menghadapi arus mudik lebaran tahun ini, Pemerintah Kota Surakarta siapkan satu hotel sebagai tempat karantina pemudik. Tujuannya agar para pemudik yang melakukan karantina mandiri tidak bebas keluar-masuk.


“Karantina berlaku saat kebijakan larangan mudik mulai diterapkan yakni pada 6 hingga 17 Mei 2021.  Sebelum tanggal itu yang keluar-masuk harus menggunakan Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM)”, ungkap Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ahyani, Jumat (30/4).


Ahyani menegaskan, tidak serta-merta setiap orang yang ingin keluar-masuk mendapatkan SIKM. Surat itu hanya memfasilitasi mereka yang memiliki keperluan penting.


“Jadi kalau untuk kebutuhan berkunjung dan menginap di tempat keluarga atau kunjungan yang sifatnya tidak mendesak tetap akan di karantina”, terang Ahyani.


Ahyani memaparkan, penunjukan hotel atau tempat karantina mandiri adalah untuk mengetatkan pengawasan kepada para pemudik agar tidak bebas keluar masuk. Pihaknya akan memilih satu dari hotel yang sudah memasukkan proposal yakni The Ibis Hotel Solo dan Novotel. 


“Karena hotelnya kita awasi, jadi pas mereka melakukan karantina mereka tidak bebas untuk keluar-masuk. Bila diperlukan penambahan hotel akan kita komunikasikan dengan PHRI”, jelas Ahyani.


Seperti diketahui sebelumnya, Pemkot Surakarta telah menyiapkan Solo Techno Park sebagai tempat karantina dan memperbolehkan pemudik untuk melakukan karantina di luar fasilitas tersebut yakni harus menginap di hotel. Para pemudik bisa memilih untuk melakukan karantina selama 5 hari pada dua tempat tersebut. 


Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menuturkan, Kota Surakarta telah siap untuk mengantisipasi arus mudik tahun 2021. Gibran berujar seluruh fasilitas penunjang diantaranya STP dan Pos Keamanan Polresta Kota Surakarta telah siap.


“Yang jelas, STP sudah siap, kita juga sudah membuat SOP dan SIKM juga sudah disiapkan. Nanti tinggal penerapannya seperti apa. Nanti hari Senin akan saya kumpulkan semua Lurah, Babinsa, Babinkamtibmas dan semua pihak terkait serta akan saya pastikan semuanya di hari Senin itu pula”, pungkas Wali Kota Gibran. (*rom)

Share:
IMG