LOGO
Metta Media Metta News Satu-satunya dan Pertama Kalinya Wartawan Memainkan Liong Hanya Ada di Solo

Satu-satunya dan Pertama Kalinya Wartawan Memainkan Liong Hanya Ada di Solo

Tuesday, 28 January 2020 - 17:20



Untuk pertama kalinya, atraksi Liong dimainkan oleh para wartawan di Solo. Bila biasanya dimainkan oleh pemain professional yang sudah berlatih bertahun-tahun lamanya, kali ini ada yang berbeda dan menarik, penampilan awak media Solo yang mencoba memainkan liong. Dengan serius 10 personil wartawan Solo dari berbagai media di Solo ini berlatih keras selama dua hari untuk menampilkan Liong di malam Tahun Baru Imlek di halaman Balaikota Solo dan malam Cap Gomeh pada tanggal 8 Februari nanti.


Kesepuluh personil tersebut adalah Lukas Budi (Sinikini), Sri Hartono (CNN Indonesia), Ari Kristyono (Timlo.net), Ahmad Rafiq (Tempo), Rizky Budi (RBTV), Joani Twelvia (RTV), Ade Ujianingsih (Jateng Pos), Heru Kristanto (JogjaTV),  Irawan Wibisono dan Iswara Bagus (Radar Solo Jawa Pos).


Pada malam Imlek yang dipadati ratusan ribu masyarakat tersebut juga dihadiri Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo yang cukup kagum dan mengapresiasi saat melihat awak media memainkan Liong. Tidak mau kalah, Walikota Rudy juga sempat bergabung dengan posisi pada kepala naga dan bermain dengan teman-teman media.


“Sangat menghibur masyarakat yang menonton juga tepuk tangan dari penonton membuktikan teman-teman media ini berhasil memainkan liong. Tidak tahu berapa lama latihannya tapi hasilnya sudah layak ditonton masyarakat”, urai Walikota.


Karena keterbatas dalam berbagai hal seperti waktu dan terbentur masalah pekerjaan, awak media Solo ini hanya bisa 2 kali latihan sebelum tampil di malam Imlek. Meskipun begitu, pelatih Liong dari Tri Pusaka, Reynardus Rismawan Susanto mengatakan tidak merasa sulit melatih para awak media untuk bermain Liong.


“Mungkin karena teman-teman media ini sudah sering liputan kami jadi sering lihat dan sudah bisa membayangkan gerakan-gerakannya jadi lebih cepat melatih gerakannya”, terang Rey.


Tidak hanya di malam Imlek, atraksi Liong Wartawan ini akan ditampilkan pula pada malam Cap Gomeh di Balaikota Solo, 8 Februari nanti.

 

Share:
IMG