LOGO
Metta Media Metta News AMORA LEARNING CENTER Launching Program AKM (ASSESMEN KOMPETENSI MINIMUM), Pengganti Ujian Nasional

AMORA LEARNING CENTER Launching Program AKM (ASSESMEN KOMPETENSI MINIMUM), Pengganti Ujian Nasional

Thursday, 23 January 2020 - 10:02



SOLO, METTA NEWS- Bimbel Amora learning center menggelar press conference launching program persiapan AKM (Assesmen Kompetensi Minimun) 2021.


Hal tersebut sejalan dengan pengumuman dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem yang mengungkapkan bahwa Ujian Nasional akan ditiadakan dan diganti dengan AKM dan survei karakter.


Pengumuman tersebut tentu membawa angin segar bagi dunia pendidikan Indonesia agar tidak tertinggal dan lebih baik lagi, sekaligus kekhawatiran bagi pihak oarang tua, pengajar, maupun pelajar karena pertama kalinya AKM dilaksanakan.


Bertempat di jalan Yudhistira 11a Serengan Surakarta, acara yang berlangsung pada hari Rabu (22/02/20). Amora selaku salah satu bimbel di Surakarta Amora ingin turut serta dalam men-support para pelajar yang duduk di kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA yang akan menghadapi AKM 2021. Pada program AKM yang akan dilaksanakan pada 2021 mendatang, sistem pembelajaran yang mengacu pada Cambridge kurikulum ini lebih menekankan pada context learning yang sebelumnya sistem pendidikan Indonesia berbasis content learning.


Andrew Sophian Putra, B.Soc, Sci. Selaku pendiri Amora dan praktisi edukasi mengungkapkan terdapat perbedaan sistem pembelajaran antara context dan content learning di mana pada pembelajaran context learning memiliki komposisi  pembelajaran 10% content dan 90% context yang mengacu pada keahlian dibanding pengetahuan.


“Sistem context learning adalah sistem pembelajaran yang dilaksanakan di beberapa negara seperti Finland, Singapore, dan UK, tentu pada sistem ini siswa akan lebih banyak berperan aktif dalam menggali pengetahuan dari banyak sumber dan bukan hanya dari guru saja” ujarnya.


Ia menjelaskan digantikannya Ujian Nasional dengan AKM membawa kekhawatiran para orang tua, pengajar, dan juga pelajar. Oleh sebab itu, Amora Learning Center telah membuka Program Persiapan AKM (PAKEM) 2021 guna men-support para pelajar yang duduk di kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA yang akan dimulai pada bulan Februari 2020 dengan 2 versi yaitu online dan offline.

Share:
IMG