LOGO
Metta Media Metta News Tidak Hanya Pria, Perempuan Penyintas Covid-19 Juga Aktif Menjadi Donor Plasma

Tidak Hanya Pria, Perempuan Penyintas Covid-19 Juga Aktif Menjadi Donor Plasma

Tuesday, 23 February 2021 - 17:36


SOLO, METTA NEWS - Proses donor plasma konvalesen penyintas Covid-19 tidak didominasi oleh penyintas pria. Hingga hari ini PMI Solo mencatat sebanyak 20 perempuan penyintas Covid ikut berpartisipasi dalam mendonorkan plasma darahnya untuk membantu kesembuhan penderita Covid-19. 


Hari ini, PMI Solo kembali melakukan proses donor plasma konvalesen dari pendonor perempuan, Selasa (23/02). Sejauh ini sudah ada 20 penyintas perempuan yang mengikuti proses donor plasma konvalesen.


Koordinator Pencari dan Pelestari Donor Darah Suka Rela PMI Solo dr. Achmad Reza menuturkan berbeda dengan dengan laki-laki, penyintas perempuan punya kriteria yang lebih rumit dan ketat.


"Sebenarnya pengambilan darah penyintas perempuan sudah dilakukan sejak awal dan sejauh ini sudah ada 20 penyintas perempuan yang melakukan donor plasma", ungkap dr. Reza.


Dokter Reza menjelaskan, penyintas perempuan harus memiliki berat badan 60 kg, harus juga memiliki pembuluh vena yang besar dan belum pernah hamil.


"Kecenderungannya kalau perempuan itu punya pembuluh darah yang lebih kecil. Dan jika ingin melakukan donor plasma dengan metode yang digunakan di PMI Solo harus punya pembuluh darah yang besar", terang dr. Reza.


Dokter  Reza menambahkan, perempuan yang sudah pernah hamil memiliki imun tertentu (yang berbeda) karena hubungannya dengan janin atau bayi yang dikandungnya.


"Memang pendonor tidak akan bereaksi apapun, namun reaksi akan terjadi pada yang menerima transfusi atau pasien Covid-19", papar dr. Reza.


Sementara itu salah satu pendonor Erlyn Tusara seorang mahasiswi kedokteran UNS mengatakan, dirinya sudah dua kali melakukan donor plasma konvalesen. 


“Saya dan ayah saya pernah terkena Covid-19, bisa mendonorkan darah di PMI untuk diolah menjadi plasma konvalesen ini memberi semangat sendiri. Semoga apa yang kami lakukan bermanfaat untuk membantu kesehatan orang lain”, tutur Erlyn.  

Share:
IMG