LOGO
Metta Media Metta News PPKM Mikro II Pemkot Membagi 4 Zona Kasus Covid

PPKM Mikro II Pemkot Membagi 4 Zona Kasus Covid

Tuesday, 23 February 2021 - 17:23

Foto : Istimewa


SOLO, METTA NEWS - Mengikuti instruksi Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota Solo memperpanjang pemberlakuan PPKM yang berlaku mulai 23 Februari - 8 Maret 2021. Plh. Wali Kota Solo Ahyani mengatakan hasil dari penerapan PPKM Mikro tahap 1 menunjukan penurunan kasus paparan Covid-19 di Solo. 


“Angka penurunannya lumayan, yang di rumah sakit total tinggal 200 an pasien itu termasuk dari luar kota. Saya lihat yang PPKM Mikro ini ditaati masyarakat jadi bisa menekan angka persebaran Covid”, jelas Ahyani. 


Pada PPKM Mikro tahap II ini, aturan-aturan pembatasan kegiatan masih sama dengan aturan sebelumnya. Untuk PPKM Mikro tahap II ini Pemkot mempunyai zonasi sendiri untuk masing-masing lokasi dilihat dari tingkat paparannya. 


Zona Hijau apabila dalam suatu lokasi tersebut tidak ada satupun penderita Covid-19. Zona Kuning untuk wilayah yang 1-5 rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama 7 hari terakhir. Zona Oranye untuk 6-10 rumah dalam satu RT terkonfirmasi positif dan disebut Zona Merah apabila dalam satu RT terdapat lebih dari 10 rumah terpapar Covid-19.


“Untuk wilayah yang berpredikat zona merah kita lakukan tindakan menutup tempat bermain anak dan tempat umum lainnya, melarang kerumunan lebih dari 3 orang di wilayah tersebut, dilarang keluar masuk wilayah RT, meniadakan kegiatan sosial masyarakat di lingkungan RT yang menimbulkan kerumunan berpotensi penularan”, tegas Ahyani. 


Ahyani menuturkan, saat ini hingga tingkat RT sudah mulai paham untuk mengurangi kerumunan khususnya kegiatan hajatan warga. 


“Gerakan-gerakan ini kalau ditaati Solo akan segera berhasil mengendalikan angka penularan Covid. Hajatan-hajatan di rumah jelas tidak boleh, harus di gedung dan dengan kapasitas yang sudah ditentukan yang paling penting harus mendapat rekomendasi dari Satgas Covid”, tandas Ahyani. 


Share:
IMG