LOGO
Metta Media Metta News Awak Media Ikut Dalam Vaksinasi Tahap Kedua

Awak Media Ikut Dalam Vaksinasi Tahap Kedua

Tuesday, 23 February 2021 - 14:42


SOLO, METTA NEWS - Hari ini, Kota Solo memulai vaksinasi tahap kedua. Untuk tahap kedua ini sasaran vaksin adalah petugas pelayanan publik dan awak media. Pelayanan publik yang dimaksud diantaranya adalah TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Damkar, petugas Rutan, Disdukcapil, Terminal, Pengadilan Negeri, Samsat, Kanwil Pajak, DPRD, dan beberapa dinas lain yang banyak berinteraksi langsung dengan masyarakat. Total peserta vaksin pada hari ini berjumlah 2740 orang terbagi pada 29 faskes (fasilitas kesehatan)


Khusus untuk awak media sebanyak 63 wartawan, vaksinasi dilakukan di RS PKU Muhammadiyah Solo, Selasa (23/02). 


Humas RS PKU Muhammadiyah Solo Betty Andriani mengatakan vaksinasi untuk awak media prosesnya sama dengan vaksinasi untuk para tenaga kesehatan. Awak media yang datang sejak pukul 08.00 langsung menuju lantai 4 ruangan vaksinasi. 


“Sama dengan alur vaksinasi nakes yakni pertama screening identitas yaitu registrasi sesuai dengan data yang dikirimkan dari DKK Solo, screening untuk komorbid (penyakit bawaan), screening suhu dan saturasi oksigen baru masuk vaksinasi setelah itu menunggu sekitar 30 menit di ruang observasi”, urai Betty. 


Setelah observasi 30 menit dan tidak menampakan gejala KIPI (Kondisi Ikutan Pasca Imunisasi), pesertavaksin akan mendapatkan sertifikat telah melakukan vaksin tahap 1 selanjutnya akan diberikan kartu vaksin untuk datang kembali 14 hari kemudian untuk vaksin dosis kedua. 


Plh Wali Kota Solo, Ahyani menambahkan beberapa hari kemarin Solo sudah melakukan persiapan untuk vaksinasi massal. Selain untuk pelayanan publik, pelaku ekonomi di pasar juga akan di vaksin pada tahap kedua. 


“Wartawan kan selalu berdesakan kalau menjalankan tugasnya, kita prioritaskan karena mereka beresiko tinggi terpapar. Untuk vaksinasi pedagang kita siapkan terutama stakeholder pasar yang rencananya vaksinasi di pasar-pasar pada tanggal 27 Februari sampai 5 Maret 2021”, tutur Ahyani. 


Ahyani yang juga sebagai Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 menyebut usai vaksinasi prioritas recovery yang akan dilakukan adalah pemulihan semua bidang ekonomi terutama untuk UMKM. 

Share:
IMG