LOGO
Metta Media Metta News 43 Ribu Warga Tercatat Sudah Memanfaatkan Layanan KB Gratis

43 Ribu Warga Tercatat Sudah Memanfaatkan Layanan KB Gratis

Monday, 22 February 2021 - 17:02


SOLO, METTA NEWS - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP KB) Kota Surakarta mencatat sekitar 80% atau 43 ribu dari 63 ribu pasangan subur telah menggunakan layanan Keluarga Berencana (KB) yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot).


"Target kita sejauh ini untuk peserta KB aktif sudah terpenuhi namun untuk peserta KB baru memang target kita belum terpenuhi", ungkap Kepala DPP KB Purwanti.


Purwanti mengatakan, pada tahun 2021, pihaknya mulai memberikan pelayanan gratis pemasangan KB MKJB atau metode pentranskripsi jangka panjang di Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang sudah bekerjasama dengan DPP KB.


"Kondisi pandemi saat ini, usia pasangan subur harus tetap KB. Karena jika tidak menggunakan alat kontrasepsi kehamilan itu rawan keguguran dan terkontaminasi virus Covid-19", papar Purwanti.


Purwanti menjelaskan, MKJB meliputi pemasangan spiral, pemasangan implan atau menanam obat hormon di dalam lengan di bawah kulit. Disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasangan subur.


"Selain itu yang non MKJB itu bisa suntik, pil, kondom atau kontrasepsi mantap yang meliputi metode operasi pria (vasektomi) dan metode operasi wanita (tubektomi). Semua itu kita berikan gratis", papar Purwanti.


Purwanti menambahkan, selama masa pandemi pihaknya terus berupaya untuk memberikan pelayanan KB secara gratis kepada masyarakat.


"Kita juga akan terus melakukan edukasi agar masyarakat mengikuti program KB yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surakarta (Pemkot)", pungkas Purwanti.

Share:
IMG