LOGO
Metta Media Metta News Dua Bulan Jelang Pergantian Tahun, 113 Kasus Kematian Terjadi Di Rumah Duka Thiong Ting dan Kremator

Dua Bulan Jelang Pergantian Tahun, 113 Kasus Kematian Terjadi Di Rumah Duka Thiong Ting dan Kremator

Friday, 25 December 2020 - 16:20



SOLO, METTA NEWS - Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) mencatat, pada bulan November dan Desember terjadi peningkatan kematian hampir 2 kali lipat. Dalam kurun waktu tersebut tercatat 113 orang meninggal dikremasi atau dikebumikan melalui Rumah Duka Thiong Ting dan Krematorium Delingan.


Disela-sela melakukan kegiatannya di PMI Solo, Jumat (24/12) Wakil Ketua Umum PMS Sumartono Hadinoto mengatakan, setelah mendapat informasi dari Wali Kota Surakarta terkait jumlah kematian, CEO PMI itu melakukan cek dan re cek dan menemukan bahwa proses pemakaman serta kresmasi melalui Rumah Duka Thiong Ting dan Krematorium Delingan betul mengalami peningkatan yang signifikan.


Sumartono menjelaskan, pada bulan November tercatat 58 kasus kematian yang ditangani oleh rumah duka tersebut. Dan hingga, Jumat (24/12) kemarin sudah ada 55 kasus kematian dengan rincian 33 kasus dipastikan negatif covid-19 dan disemayamkan di Rumah Duka Thiong Thing serta 22 kasus positif kematian covid-19 langsung dimakamkan atau dikremasi di Delingan.


"Dulu sebelum pandemi, rata-rata kasus kematian di Rumah Duka Thiong Thing dan Delingan hanya sekitar 30 kasus. Namun saat pandemi jumlahnya meningkat hampir 2 kali lipat", papar Sumartono.


Sumartono menambahkan, berdasarkan statistik tersebut tentu keadaan yang terjadi saat ini bukan main-main. Alangkah lebih baik mengesampingkan kepentingan pribadi atau kepentingan bisnis dengan cara mengurangi jumlah tatap muka.


"Kami bukanya menakut-nakuti tapi kita harus menyadari betul situasi saat ini. Semua terdampak tapi marilah kita bersama-sama menjaga, bergotong-royong dan bersama-sama menyelesaikan pandemi covid-19 dengan disiplin 4M", pungkas Sumartono.

Share:
IMG