LOGO
Metta Media Metta News Rp 58,2 M Untuk Ubah Wajah Hunian Masyarakat Sekitaran Borobudur

Rp 58,2 M Untuk Ubah Wajah Hunian Masyarakat Sekitaran Borobudur

Friday, 30 October 2020 - 14:40


Foto : Ilustrasi dari Kementerian PUPR


Yogyakarta – Pemerintah terus mendorong upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam masa pandemi Covid-19, salah satunya melalui sektor pariwisata. Selain mempersiapkan infrastruktur, pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas rumah masyarakat di kawasan pariwisata yang ada sehingga lebih tertata dan menambah daya tarik wisatawan yang berkunjung.


Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, mengatakan, salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang tengah dikembangkan oleh Kementerian PUPR adalah Borobudur.


Khalawi menjelaskan, Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Tengah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 58,2 M Milyar untuk pembangunan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) di KSPN Borobudur sebagai upaya meningkatkan kualitas rumah masyarakat di sepanjang koridor tempat pariwisata sekaligus dapat menjadi homestay bagi wisatawan yang berkunjung dan ingin menikmati keindahan Candi Borobudur.


Adanya penataan koridor dan program homestay diharapkan mampu menciptakan penataan ruang dan kebutuhan publik yang sesuai dengan karakteristik dan kearifan lokal budaya daerah sehingga dapat mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.


"Jumlah Sarhunta yang kami bangun di KSPN Borobudur sebanyak 733 unit yang terbagi sebanyak 355 unit pembangunan  koridor sedangkan  Homestay sebanyak 378 unit yang terbagi menjadi 3 tahap pembangunan yaitu tahap pertama sebanyak 80 unit, tahap II sebanyak 115 unit , tahap III sebanyak 183 unit dan tersebar di dua kecamatan yaitu Kecamatan Borobudur dan Kecamatan Mungkit”, terang Khalawi.


Khalawi menambahkan, mengubah wajah rumah masyarakat yang tidak layak huni menjadi layak huni serta menambah fungsi hunian dapat menjadi tempat usaha seperti rumah sewa atau homestay untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Share:
IMG