Cara Mencegah Agar Whatsapp Tidak di Sadap

Untuk mencegah WhatsApp Anda dari disadap, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut:

Baca juga: Cara Sadap WA

  1. Selalu Perbarui Aplikasi WhatsApp: Pastikan Anda menggunakan versi terbaru WhatsApp. Pembaruan perangkat lunak sering kali mencakup perbaikan keamanan yang dapat melindungi dari potensi celah keamanan.
  2. Gunakan Keamanan Sidik Jari atau PIN: Aktifkan opsi keamanan sidik jari atau PIN pada aplikasi WhatsApp. Dengan begitu, setiap kali Anda membuka aplikasi, akan ada lapisan tambahan perlindungan yang mengharuskan orang lain untuk mengakses ponsel Anda.
  3. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah: Verifikasi dua langkah adalah fitur keamanan tambahan yang mengharuskan Anda memasukkan PIN enam digit khusus setiap kali Anda menginstal ulang WhatsApp pada perangkat baru. Aktifkan fitur ini dengan pergi ke “Settings” atau “Pengaturan” pada aplikasi WhatsApp, pilih “Account” atau “Akun”, lalu pilih “Two-Step Verification” atau “Verifikasi Dua Langkah”.
  4. Waspadai Pesan atau Panggilan yang Mencurigakan: Jika Anda menerima pesan atau panggilan yang mencurigakan dari seseorang yang tidak Anda kenal, jangan berinteraksi dengan mereka atau jangan klik tautan yang mencurigakan. Pesan semacam itu mungkin mencoba memancing informasi pribadi atau menginstal perangkat lunak berbahaya pada perangkat Anda.
  5. Lindungi Perangkat Anda: Pastikan Anda memiliki perlindungan yang memadai pada perangkat Anda. Gunakan kata sandi yang kuat atau pola kunci untuk mengunci ponsel Anda dan aktifkan fitur pelacakan atau penghapusan jarak jauh jika perangkat Anda hilang atau dicuri.
  6. Hindari Menggunakan Jaringan Wi-Fi Publik yang Tidak Aman: Ketika menggunakan WhatsApp di tempat umum, hindari terhubung ke jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman. Jaringan semacam itu rentan terhadap serangan dan pihak ketiga yang mencoba menyadap data Anda.
  7. Tetap Waspada terhadap Aplikasi Pihak Ketiga: Hati-hati saat mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga yang mengklaim dapat memodifikasi atau meningkatkan fitur WhatsApp. Aplikasi semacam itu mungkin merupakan ancaman keamanan dan dapat digunakan untuk menyadap atau mencuri data Anda.

Selalu penting untuk menjaga perangkat dan informasi pribadi Anda tetap aman. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat meningkatkan keamanan dan mencegah WhatsApp dari disadap.

Sumber : iuwashplus.or.id

Leave a Comment